Bayar Airbnb pakai Jenius

Amsterdam, 2016


Menjelajahi lingkungan baru di dunia adalah salah satu impian gue. Berlibur melihat betapa luasnya dunia dengan berbagai perbedaan budaya yang akan menambah pesona dari setiap tempat baru yang bisa gue kunjungi.

Jalan-jalan ke luar negeri untuk mahasiswa/orang yang baru lulus kuliah pasti harus mikirin gimana caranya transaksi tanpa kartu kredit. Gue adalah salah satunya karena berencana liburan ke luar negeri, tapi perlu mikirin banyak transaksi yang harus menggunakan kartu kredit. 

Beberapa waktu lalu, gue kebingungan saat berencana pesan penginapan di Airbnb untuk akomodasi di negara tujuan. Soalnya pakai Airbnb jauh lebih murah menurut gue dan teman-teman. Tapi ya gitu, gue bingung gimana cara bayar Airbnb karena masalahnya enggak punya kartu kredit. Soalnya bayar Airbnb cuma bisa pake Visa dan Paypal. Waktu itu, gue berharap punya teman baik hati yang akan meminjamkan kartu kredit tanpa ragu. Sayangnya, temen-temen deket gue pada belum punya cc/credit card. Haha.
Tapi tenang gue gak nyerah gitu aja karena untuk liburan yang lebih baik. Setelah cari informasi sana-sini dan baca dari blog orang-orang. Akhirnya gue menemukan sebuah solusi yaitu ternyata bisa bayar Airbnb pake kartu Jenius

Sebuah kabar bahagia!!! 

Banyak banget yang bilang kalo bayar Airbnb bisa pake kartu jenius, tapi gue enggak nemu gimana caranya. Saat itu, otak gue sama temen gue merasa keram karena berasa bego ngulik fitur e-card Jenius gabisa-bisa. Udah ingin nyerah rasanya waktu itu. Tapi untungnya bertemu dengan keberhasilan. Yeay! Makanya gue mau berbagi cerita sedikit bagaimana caranya pake kartu Jenius untuk bayar Airbnb.

Kalo gue emang punya kartu Jenius sejak April 2018 lalu, tapi gue enggak nyangka Jenius secanggih ini, di saat gue berasa udah buntu banget otaknya. Apa gue aja yang ketinggalan informasi sepenting ini. Hehe. Ngapain gue nyari-nyari orang yang punya kartu kredit, sedangkan gue punya kartu Jenius dari kapan taun ada di dalem dompet. Emang yaa, gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang lautan malah keliatan.

Jenius sendiri adalah rekening dari bank BTPN. Keunggulan dari Jenius ini adalah memiliki fitur visa debit, jadi bisa untuk aktivasi Paypal dan pembayaran internasional lainnya yang berlogo Visa. Seperti pembayaran Airbnb, Apple store dan lain-lain. 

Di tulisan ini gue mau berbagi pengalaman gimana cara bayar Airbnb pake Jenius, sebagai berikut;
  1. Pastikan punya aplikasi Jenius dan daftar di booth Jenius yang biasa nongkrong di mall-mall besar. Kalo tinggal di kota Bandung, biasanya ada di Trans Studio Mall, Paris Van Java, 23 Paskal dan lain-lain. Daftarnya gampang banget kok cuma pake e-KTP, enggak pake ribet. Nah, kalo udah punya aplikasinya dan sudah aktivasi ada 3 fitur kartu yang ada di Jenius, yaitu:
    • m-card, adalah kartu utama yang berbentuk fisik
    • e-card, adalah kartu digital/virtual yang cuma ada di aplikasi Jenius. Untuk melakukan pembayaran Airbnb, kita akan pake fitur e-card ini.
    • x-card, adalah kartu tambahan yang bisa diminta lewat aplikasi, nanti kartunya akan dikirim ke alamat rumah/kantor. 

  2. Selanjutnya mendaftar di situs Airbnb.com bisa langsung klik di sini Daftar Airbnb. Terus langsung lakukan pencarian dengan ketik kota yang menjadi destinasi. Kita bisa pilih untuk berapa jumlah orang yang akan menginap dalam satu hunian, adapula filter harga, popularitas, tuan rumah teladan dan lain-lain. Misalkan, kita ingin menginap di Osaka pada tanggal 20-24 April 2019 dengan jumlah 5 orang dalam 1 hunian. Semuanya harus jelas, supaya dapet referensi penginapan yang sesuai keinginan.

  3. Kalo udah ketemu hunian yang cocok dengan harga yang bersahabat kita bisa langsung klik book, biasanya ada di bawah dengan kotak warna merah muda. Sebelumnya, pastikan saldo di rekening e-card sesuai atau lebih dari total harga yang ada di aplikasi Airbnb. Jadi, intinya sebelum lakukan pembayaran kita harus top-up e-card di akun Jenius kita. Harus diingat juga kita melakukan pembayaran menggunakan dollar, jadi harganya bisa naik-turun tergantung posisi dollar saat kita transaksi. E-card dalam aplikasi Jenius ini memiliki fitur kartu kredit tapi tetap pembayarannya dilakukan secara langsung. Artinya enggak bisa dicicil ya! jadi pastikan lakukan pembayaran langsung lunas satu kali transaksi. 

  4. Melakukan pembayaran di Aribnb memiliki dua pilihan, yaitu Visa dan Paypal. Gue memilih pake Visa karena di e-card Jenius ada kode CVV jadi lebih mudah. Bisa juga pake Paypal, cuma kita perlu daftar dulu Paypal pake Jenius. Oke, karena gue memilih pembayaran pake Visa. Setelah klik book, nanti transaksinya langsung berhasil. Nah, setelah konfirmasi pembayarannya, real-time saldo di e-card Jenius kita juga bakal langsung terpotong sesuai dengan harga yang tertera di aplikasi Airbnb.

Setelah itu, kita akan mendapatkan email konfirmasi dari Airbnb dan bisa komunikasi dengan tuan rumah yang huniannya kita pesan. 
Akhirnya, tinggal menunggu waktu untuk menikmati hasil dari kemudahan menggunakan Jenius dalam bertransaksi Airbnb.
Yuk segera rencanakan liburan!😃

Comments

March 5, 2019 at 12:54 pm

Mbak.. bolehkah sy minta tlg? Sy tinggal di kota kecil di ujung indonesia dan gak ada bank utk daftar jenius card.. bisakah sy transfer ke rekening jenius mbak dan minta tlg mbak utk melakukan pembayarannya? Thanks in advance..



April 4, 2019 at 2:31 am

Selamat pagi, informasinya sangat membantu, saya mau tanya apakah pemilihan kartu jenius yang dipakai hanya e-card atau bisa pakai kartu utamanya jenius? terima kasih





April 12, 2019 at 10:45 pm

Halo, terima kasih sudah membantu membalas 🙂



April 15, 2019 at 8:19 am

Halo kak, kalo untuk kartu utama jenius mungkin bisa karena ada kode cvv-nya juga. Cuma sepengalaman saya baru pake e-cardnya saja



App
July 2, 2019 at 7:17 am

Halo, saat pembayaran airbnb kan ada pilih bayar setengah atau bayar full. Jenius cuma bisa dipakai untuk yg bayar full? Atau bayar setengah dulu jga bisa?



    merryhaan
    July 2, 2019 at 1:18 am

    Halo, untuk pembayaran jenius di airbnb cuma bisa bayar full. Soalnya pada dasarnnya jenius adalah kartu debit bukan kredit 😁



      App
      July 2, 2019 at 10:44 am

      Saya akhirnya email jenius untuk memastikan apakah bisa atau tidak. Jawaban dari pihak Jenius apabila ada tagihan terjadwal dari ecommerce bisa dilakukan selama saldonya mencukupi sesuai jumlah tagihannya.

      Kemudian saya coba di airbnb untuk pembayaran setengah dulu ternyata benar-benar bisa. Saldo terpotong setengah dari jumlah total dan ada penjadwalan pelunasannya dari pihak airbnb



      App
      July 2, 2019 at 10:47 am

      Saya akhirnya email jenius untuk memastikan apakah bisa atau tidak. Jawaban dari pihak Jenius apabila ada tagihan terjadwal dari ecommerce bisa dilakukan selama saldonya mencukupi sesuai jumlah tagihannya.

      Kemudian saya coba di airbnb untuk pembayaran setengah dulu ternyata benar-benar bisa. Saldo terpotong setengah dari jumlah total dan ada penjadwalan pelunasannya dari pihak airbnb.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *