Biaya Liburan ke Korea 2019

Setelah postingan story pertama bulan April di Korea yang dibagikan melalui instagram pribadi, banyak pertanyaan yang muncul seketika. Banyak yang mempertanyakan emang enggak ribet ngurusin visa dan jalan-jalan ke luar negeri enggak pake tour&travel? Berapa banyak uang yang dihabiskan di negeri gingseng? Jawabannya tentu saja enggak ribet sama sekali selama sering cari informasi dan tidak putus dengan internet hahah bisa baca juga cara Bikin Visa Korea 2019. Anaknya emang suka jalan-jalan tanpa diatur waktu dan tempat tujuan. Lebih seru menentukan sendiri, menikmati dengan seksama sambil sesekali nyasar-nyasar 😀

Jadi, selama liburan 1 hari di Incheon, 2 hari di Pulau Jeju dan 7 hari di Seoul, apa saja yang perlu disiapkan? Mari kita bongkar catatan-catatan biaya liburan di Korea 2019 untuk menunjang liburan yang menyenangkan.

Tiket Pesawat

Mendapatkan tiket pesawat murah adalah kunci. Ada berbagai pilihan untuk menuju Korea Selatan sesuai dengan budget yang kita miliki. Ada pesawat low-cost seperti Air Asia sekitar 2,5jt PP tetapi dengan berbagai ketentuan. Ada juga pesawat full service Jakarta – Seoul sekitar 6jt – 8jt PP dengan Garuda Indonesia, Chatay Pacific, Singapore Airline, Korean Air dan lain-lain.

Nah, kemarin alhamdulillah dapet tiket promo dari Traveloka 3,7jt PP Jakarta-Seoul dengan menggunakan pesawat full service Chatay Pacific. Jadi, kita udah dapet makan selama di pesawat yang tentunya enak-enak ditambah dengan saus abc dan bon cabe yang sudah dibawa dari rumah! haha. Selain itu, bisa nonton film dan mendengarkan lagu juga. Jadi, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan selama perjalanan panjang.

Kita juga dapet kabin 7kg dan bagasi 30kg, jadi enggak perlu bingung kalo mau belanja banyak asal jangan lebih dari 30kg aja ya. Tetapi, kemarin dapet tiket yang perlu transit di Hong Kong selama 2-4 jam. Total waktu tempuh Jakarta-Seoul sekitar 11 jam perjalanan.

Selanjutnya, karena keputusan untuk tidak hanya merasakan kota Seoul saja. Gue dan teman-teman memiliki rencana untuk mampir ke Pulau Jeju selama 2 hari. Lagi-lagi kita beli tiket di Traveloka karena harganya murah! Seoul (GMP) – Jeju (CJU) hanya Rp. 475.800 PP/org dengan menggunakan T’Way Air. Fasilitas yang didapatkan adalah sedikit cemilan dan air putih dan bagasi 15kg. Perjalanannya lumayan singkat,hanya 1 jam 10 menit aja. Rasanya ingin menangis kalo membandingkan harga tiket domestik di Indonesia yang sedang melambung enggak karuan.

Jadi, gimana sih bisa dapet tiket pesawat murah? Sesuai pengalaman pribadi yang males antri travel fair, jadi mengandalkan promo di internet saja, sebagai berikut:

  • Harus sering-sering cek tiket pesawat, kalo bisa jadikanlah itu hobi sampai menemukan harga yang diinginkan. Setiap akhir bulan saat tanggal-tanggal gajian biasanya ada banyak diskon tiket pesawat.
  • Memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari merupakan salah satu cara untuk mendapatkan harga yang bersahabat.
  • Transit. Biasanya pesawat full service yang promo akan memberikan pilihan kita untuk transit di suatu negara. Apabila kita memiliki waktu yang santai untuk berlibur hal ini tidak akan menjadi masalah. Tapi terkadang ada juga pesawat promo dengan penerbangan langsung.
  • Waktu pembelian tiket juga sangat berpengaruh. Jangan beli di saat sekiranya orang-orang sedang melihat-lihat tiket pesawat juga. Seperti weekend atau hari libur. Waktu itu pernah mencoba cek harga tiket dari Senin-Minggu setiap harinya di jam-jam tertentu dan beneran harganya berubah tidak bisa diprediksi.

Penginapan di Korea

  1. Incheon

Selama liburan di Korea gue berpindah-pindah penginapan, 1 hari di daerah Incheon, 2 hari di Pulau Jeju dan 7 hari di Seoul. Karena perjalanan Jakarta-Seoul sekitar 10 jam dan gue sampe jam 8 malam di Bandara Incheon. Gue memutuskan untuk menginap di hotel sekitar Bandara Incheon. Gue menginap di Incheon Airport Hotel Zeumes dengan harga Rp 651.000 untuk 4 orang melalui website Agoda.com.Jadi, harga untuk satu orang skitar Rp 165.000

Image result for kereta all stop bandara incheon

Cara untuk ke Incheon Airport Hotel Zeumes sangat mudah, tinggal naik kereta all stop dari terminal 1 dan turun di Unseo dengan tarif 900 KRW. Setelah keluar station dan berjalan ke arah kanan akan banyak pertokoan. Hotelnya cukup ditempuh dengan waktu sekitar 3 menit berjalan kaki yang berada tepat di sebelah Lotteria dan memiliki waktu check-in yang fleksibel.

Foto di depan Unseo station
Kamar Twin Deluxe - Ranjang
Sumber: Agoda.com

Gue check-out dari hotel di incheon sekitar pukul 10 pagi dan menitipkan koper ke pihak hotel selama berada di Pulau Jeju. Asyiknya penitipan koper ini tidak dipungut biaya, seperti di safex. Tapi, minusnya setelah dari Jeju harus mampir dulu ambil koper! haha

2. Pulau Jeju

Penginapan selanjutnya berada di Pulau Jeju yaitu Sky Hill Hotel. Biaya 2 malam di hotel ini Rp. 820.000 karena 1 orang tidak ikut ke Pulau Jeju, jadi biayanya dibagi untuk 3 orang sekitar Rp 273.000/org melalui Agoda.com.

images
Sumber foto: Agoda.com
Kamar Twin Deluxe
Sumber foto: Agoda.com

Cara menuju hotel ini pun sangat mudah dari Jaju Internationa Airport, tinggal naik bus 332 dan turun di Namseogwang Village setelah 8 stop dengan waktu sekitar 15 menit. Tarifnya sendiri 1,150 KRW. Hotelnya berada di pinggir jalan, setelah turun dari bus dan berjalan sekitar 100m akan ada tulisan Sky Hill Hotel.

3. Seoul

Penginapan selanjutnya di Seoul adalah yang akan gue anggap sebagai rumah sementara karena durasinya paling lama yaitu 7 hari. Gue memesan penginapan melalui airbnb. Kalo misalkan belum punya akun, bisa daftar dulu di sini dan dapatkan potongan harga. Waktu itu, gue udah nyari penginapan sekitar bulan Desember untuk liburan gue bulan April. Wah, luar biasa sih pas bulan April hampir semua yang bagus dan murah sudah full booked. Sampai akhirnya sekitar 2 minggu bolak-balik situs airbnb, dapet juga yang nyaman dan harganya pun aman di kantong. Gue nginep di Private Cozy Studio – Amazing View & 1m to Subway!

30 seconds to subway station. This room has the best night view of Dongdaemun!
Sumber foto: airbnb.com

Lokasinya berada di Heungin-dong Jung-gu. Fasilitasnya lumayan lengkap ada mesin cuci, dapur, TV, microwave dan lain-lain. Tempat tidur besar 1 dan 2 tempat tidur single, cukup nyaman untuk melepas lelah setiap harinya selama menjelajah Seoul. Harga untuk 7 hari di penginapan ini adalah Rp. 3.580.750, yang berarti Rp. 895,187/orang.

Cara untuk sampai ke penginapan ini cukup mudah dari Bandara Incheon, kita perlu naik kereta all stop dan turun Gongdeok Station dan transfer ke Line 6. Selanjutnya turun di sindang station exit 12, sekitar satu menit berjalan kaki langsung sampe di lokasi penginapan. Tarif dari Bandara Incheon menuju Sindang Station adalah 4,250KRW.

Transportasi

Image result for peta subway seoul 2019

Selama melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum di Korea hanya perlu pake satu kartu t-money. Jalan-jalan di Incheon, Pulau Jeju, Pulau Nami dan Seoul hanya perlu tap pake t-money aja.Kebetulan kemarin beli Seoul Pass yang bisa dipake untuk t-money juga. Jadi tinggal top-up saldo aja untuk bisa pake subway, bus dll. Selama 10 hari di Korea isi saldo t-money sekitar 60,000KRW.

Seoul Pass sendiri adalah kartu yang menunjang untuk masuk ke macam-macam tempat wisata yang diinginkan dan bisa digunakan untuk t-money juga. Jangan sampe hilang ya! kemarin Seoul Pass gue hilang soalnya, padahal belum dipake buat masuk tempat2 wisata 🙁

Sim Card/ Wi-fi

Untuk keperluan mencari informasi dan menghubungi keluarga saat liburan, internet adalah hal yang penting. Di Korea emang banyak public wi-fi tapi tetap saja jaringannya terkadang masih datang dan pergi. Jadi, untuk menunjang kesalamatan kehidupan selama liburan, gue memutuskan untuk menyewa wi-fi di Klook dengan harga Rp.35.000/hari yang bisa digunakan maksimal 3 perangkat. Tetapi, harus menggunakan kartu kredit ya.

Sekian cerita mengenai biaya-biaya yang menunjang selama liburan di Korea. Terima kasih sudah membaca 🙂



Karena ngomongin biaya, mari kita tutup mata bersama-sama, karena yang perlu diibuka adalah tabungan. He-he



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *